Uncategorized

Ketika Kita Bermimpi Memeluk Langit, maka TUHAN Menyiapkan Tangga ke Langit untuk Kita Tapaki Satu Persatu

Peristiwa ini terjadi tiga hari lalu selepas saya mengisi pelatihan organisasi remaja masjid di daerah perak. Saya mengisi disana tentang keorganisasian atas permintaan mas Aris Soffan Lutfianto, PresBEM ITS 2008-2009. Alumni Teknik Informatika Angkatan 2004.

Suatu malam sehabis maghrib, saya main ke Sekpa JMMI. Belum sampai masuk ke dalam sekpa, di teras sekpa, saat itu saya bertemu dengan teman satu asrama saya, Rahmat Rizki Batubara, Staf FSLDK di JMMI. Dia adalah mahasiswa asal Sumatera, tepatnya di kota Padang Sidimpuan. Dengan logat kental khas medan ia menyapa saya.

“Assalamualaikum.. Bang, antum ngisi Seminar di kampus Unijoyo yah.” Logat medannya sangat khas.

“Tentang ape bang?” saya menyesuaikan logatnya.

“Tentang Internet Sehat bang..”

“Hah yang bener bang? Kan ada mas Aris tuh yang lebih keren.”

“Ah abang,. abang kan juga ngerti kayak begituan tuh.. Kita butuh penokohan akh, gimana PH JMMI ditokohkan di luar. Lagi pula kan PH tuh harus siap kalo diminta ngisi2 akh. Oke bang??”

Saya pun menyanggupi permintaan batubara. Dengan syarat kisi-kisi seminar segera di kirim jauh-jauh hari. Seminar itu dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2011. Sekedar informasi, kampus Universitas Trunojoyo berlokasi di pulau garam, madura, lebih tepatnya di kota bangkalan.

Dua pekan sebelum pelaksanaan Seminar, Batubara tertawa-tawa saat bertemu saya di asrama.

“Akh TOR nya ane kirim ke email mas sekarang ya, ini baru aja di kirim sama temen2 Unijoyo. “

“Oke bat, kirim ke email ane ya.”

Ku buka Email ku dan mendownload TOR(Term of Reference) seminar tersebut. Saya baca dengan hati-hati satu persatu dari halaman depan dan betapa kagetnya saya ketika saya melihat rundown acara. Seminar tersebut diisi oleh 3 pemateri dalam 3 sesi. Pemateri pertama adalah dari PT Telkom Indonesia, berikutnya saya di pemateri kedua dan pemateri berikutnya saya membaca namanya dan ada tulisan “S.Kom, M.Kom” di akhir namanya. Pada saat itu rasanya saya ingin “mencekik” leher batubara. Term Of Reference

—————-anshary———————–

Selasa tanggal 13 Juni 2011. Artinya lima hari sebelum pelaksanaan acara seminar tersebut. Siang itu saya akan mengadakan mentoring dengan adik-adik Jurusan SI angkatan 2010. Adik mentee saya baru satu orang yang hadir. Lalu kami ngobrol-ngobrol sambil menunggu yang lain. Lalu tiba-tiba HP saya berdering. Tampak di Layar HP saya, nama panitia seminar tersebut yang sudah saya simpan.

“Akh, antum sudah siap dengan acaranya akh?”

“InsyaALLAH akh. Tapi akh, antum yakin saya jadi pematerinya?”

“iya akh, saya percaya dengan temen2 ikhwah di ITS”

Glek… Saya menelan Ludah..

“Pembicara lainnya seperti yang tertera di TOR itu ya akh?” saya menanyakan, siapa tahu pemateri-pemateri lain yang ada di TOR itu diganti mahasiswa semua. Siapa tahu, kan kalau begitu saya tidak perlu sepanik ini.

“iya akhi. Materi pertama di isi oleh PT Telkom, materi kedua di isi antum dan materi ketiga di isi oleh pakar TI. Dan antum sebagai pemateri inti akh”

Kalimat terakhir itu cukup membuatku tersedak.. setelah ku tutup telpon dari nya, Kali ini, rasanya saya ingin mematahkan leher batubara. Publikasi..

—————-anshary———————–

Adzan maghrib berkumandang, saya membonceng teman sekamarku untuk memenuhi undangan ALLAH SWT tersebut. Di sepeda motor, saya berdiskusi dengannya, Edhi namanya. Dari diskusi itu kesimpulan yang di ambil adalah, mencoba mencari pembicara lain. Dengan pertimbangan harapan panitia yang dirasa begitu tinggi dan disisi lain, tugas Final Project kuliah juga sangat banyak.

Sepulang solat maghrib saya main ke kamar batubara untuk mengutarakan maksud saya kepadanya. Batubara menunjukkan raut wajah kecewa. Agro teman sekamar batubara nampaknya mendengar diskusi kami. Setelah saya menyampaikan maksud tersebut, saya kembali ke kamar. Agro rupanya mengikutiku di belakang. Saat di kamarku, agro memberondongku dengan pertanyaan

“Mas, mas tu satu angkatan ada berapa orang?“

“Sekitar 150 gro.. kenapa?“

“Dari temen-temen satu angkatan mas, yang masuk asrama SDM IPTEK ada berapa orang?”

“cuma aku aja gro”

“Mas tau ndak pembina SDM IPTEK tu sapa mas?”

“Pak Mukhtasor gro.. ngapain nanya-nanya sih gro?”

“Prof. Dr. Mukhtasor itu Dewan energi mas.. berarti mas tu bukan orang main main.”

“MAKJLEBB!!!”

Bismillah, Aku mengajak hati ini menata dirinya. Saya mengingat-ingat impian-impianku, sewaktu SMA dahulu di sebuah buku Life mapping yang di wariskan ayahku, aku menuliskan disana bahwa aku bertekad menjadi seorang motivator. Mungkin ALLAH SWT sedang menyiapkan rencana indah di balik ini semua..

Baiklah. Life Still Must go on. Saya tetap maju. Saya berdiskusi dengan mas aris soffan lutfianto. Mas Aris adalah Manajer Pengembangan di asrama SDM IPTEK. Mas aris siap membantuku mempersiapkan materi. Selain itu mas Aris juga memotivasi ku untuk terus maju. Ganbatte!!. ^.^

Hari demi hari ku lewati dengan berkencan dengan laptop kesayangan. kugandeng dia kemanapun kami pergi. Kami menghabiskan waktu berdua-duaan berjalan-jalan di dunia maya untuk mencari referensi. Bisa di bilang aku menginkubasi diriku di dalam kamar. Seharian di depan laptop. Sesekali keluar kamar. Hanya untuk makan dan solat.

“Gila kau!” Aku mengutuk diriku sendiri.

“Ditengah Tugas-tugas besar kuliah, kau sempat-sempatnya mengerjakan yang lain.” Masih mengutuk diri sendiri

—————-anshary———————–

Sabtu 18 Juni 2011

Hari H pun tiba. Aku berangkat pukul 11 siang bersama Batubara dan Bahar. Bahar adalah Mahasiswa baru teknik kelautan. Staf FSLDK juga. Batubara sengaja mengajaknya agar ia mengenal keseharian dari FSLDK.

Teman-teman panitia mengingatkanku untuk menggunakan Ferry, namun karena batubara sudah beberapa kali melewati suramadu, akhirnya dengan 2 buah sepeda motor, lewat suramadu, kami berangkat dari asrama untuk membelah selat madura.

Suramadu begitu cantik. Lebih cantik daripada yang kulihat di gambar-gambar di kalender. Dengan di temani Lagu Maher Zein dari radio di handsfreeku, aku menerjang jembatan ini. Angin semilir bertiup, Ombak berdebur-debur kelihatan tenang dari sini, Awan berlarian menghambur ke arahku. Terlihat di seberang, pulau garam yang tampak berbayang.

“Selamat Datang di Madura.” Papan itu terlihat setelah kami turun dari suramadu

Alhamdulillah, akhirnya kami sampai di pulau garam. Kami sampai di perempatan pertama. Oh tidak!. Batubara lupa jalan. Kami menepi sejenak. Kulihat jam, rasanya tidak sempat bila harus tersesat. Aku harus tiba ditempat acara pukul 1 siang.

“ana telpon panitia dulu ya akh” aku mengambil Handphone ku.

“akh, ane sungkan. Sudah sering ane ke unijoyo. Masak mau tanya jalan ke panitia”

Aku tidak mempedulikannya. Setelah aku mengerti kemana arah yang harus aku tuju. Aku memasukkan handphone kedalam saku. Aku menoleh ke arah batubara.

Cling…. Batubara lenyap dari penglihatanku. Tanpa Bekas. Kali ini rasanya saya ingin mencincang leher Batubara.

“MasyaALLAH!”

Ku pikir batubara tidak jauh dari sini, aku kira dia sudah tahu jalan. Aku menuju ke jalan pertigaan yang dimaksud teman-teman panitia. Dengan Jupiterku, aku membelah pulau garam ini dengan kecepatan 80 km/jam. Bahkan lebih!..

Sudah sampai di pertigaan, di sebelah kiri ada Rumah makan dan ke kanan menuju sampang. Aku tidak tahu harus kemana. Aku buta arah. Bayangan Batubara dan Bahar tidak kunjung menempel di retinaku. Akupun kembali menepi. Ku telpon dan ku sms batubara, namun tidak ada jawaban. Mungkin dia sedang berkendara dengan kecepatan bouraq, Pikirku. Aku telpon kembali panitia. Panitia memintaku untuk menunggu disana. Aku akan di jemput panitia. Aku sms Bundaku untuk meminta doa restunya.

Aku menunggu di bawah pohon di depan rumah makan madura. Mirip seperti orang hilang. “Alhamdulillah..” Tidak lama, sekitar setengah jam kemudian, saya di jemput oleh seorang panitia, akh geri namanya. Setelah berkenalan, cipika-cipiki kami pun langsung tancap gas. “MasyaALLAH” Perjalanan dari suramadu ke bangkalan kira-kira 20 KM. lebih jauh daripada jarak dari rumahku ke kampus. Kami menjaga kestabilan kecepatan pada 70km/jam. Batubara dan bahar tidak terdengar kabarnya. Semoga saja tidak terjadi apa-apa..

Alhamdulillah, Akhirnya sampai juga di tempat yang di tuju. Aku kira batubara dan bahar sudah sampai terlebih dahulu, namun ternyata dugaanku meleset. Aku menilik motor satu persatu, namun motor  yang di kendarai batubara dan bahar tidak ada di parkiran. Semoga tidak terjadi apa-apa..

Setelah di sambut oleh panitia, saya sholat dhuhur. “Alhamdulillah” ada perasaan nyaman pada saya ketika saya sholat. Rupanya ALLAH SWT memberikan saya sebuah ketenangan hati. Saya sama sekali tidak merasa gugup sebelum membawakan materi tersebut. Berbeda sekali ketika satu semester lalu, saya bergabung di dalam sebuah tim nasyid. Saya pernah tampil di graha ITS. Mengikuti lomba bahkan menang di lomba jawapos. Selain itu juga sering mengisi walimahan. Pada saat itu saya sering merasa gugup sebelum naik panggung. Padahal tim nasyid terdiri dari lima orang.

Detik yang ditunggu akhirnya datang juga. Ku masuki area auditorium. Jumlah hadirin sangat banyak. Kutaksir sekitar 50 an orang. Hadirin tersebut dari berbagai kalangan. Ada siswa SMA, ada mahasiswa, guru, bahkan dosen.. Namun aku masih merasa tenang.. Bismillah, Maka keajaiban.. akupun memulai presentasi. Sebelum presentasi di mulai. Tiba-tiba batubara dan bahar sudah duduk di kursi paling depan. Alhamdulillah rupanya mereka baik-baik saja. .

Alhamdulillah.. selesai juga akhirnya.. Panitia mengingatkan kami untuk pulang menggunakan kapal Fery karena lebih dekat dari bangkalan. Akhirnya kamipun menuju Surabaya, kembali membelah selat madura dengan kapal ferry yang rupanya memang lebih cepat sampai surabaya. . Kami habiskan waktu di atas kapal dengan ngobrol dan tertawa lepas. Rupanya Batubara dan bahar nyasar. Dan mereka bangga dengan nyasarnya. -.-“

Di kapal Ferry

Terbersit di kepalaku, Ketika kita bermimpi memeluk langit, maka ALLAH SWT menyiapkan tangga untuk kita tapaki satu persatu. Sungguh indah jalan ALLAH SWT.

Semoga Menginspirasi ^.^d

Piagam

NB: SDM IPTEK adalah beasiswa asrama mahasiswa. Sejenis dengan beasiswa PPSDMS.

Faishal Mufied Al-Anshary

Untuk Mendownload Powerpoint saya, bisa kunjungi situs ini,,

http://www.scribd.com/doc/60149599/Semua-Hal-Berbau-Internet

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s