Uncategorized

Kekuatan Orang Sabar

Senin Pagi, seperti biasa, jam enam pagi saya mengantar adik ke sekolah. Surabaya bagian selatan terkenal macet di pagi hari. Terlebih lagi hari senin. Biasanya anak-anak sekolah ada upacara. Bagi yang terlambat biasanya ada bonusnya. Yaitu di pamerkan bak manekin di depan peserta upacara lainnya. Oleh karena itu, ruas jalanan di surabaya selatan mengalami macet parah. Jika dilihat dari helikopter maka akan terlihat putih-putih.

Dengan Motor Jupiter merah, dengan adik saya yang duduk manis di jok belakang, kami merayapi ruas jalanan rolak. Tepat di depan hotel singgasana. Saya merasakan nyeri yang hebat di kaki kiri. Saya berteriak merespon rasa sakit itu,

“Allahu Akbar!!”

Rupanya ada sebuah ban yang menimpa kaki kiri saya. Ketika saya menoleh, sebuah mio berwarna hijau, ban depannya bertengger di atas kaki kiri saya. Sayangnya pengemudinya tidak menyadari bahwa seperda motornya sedang melindas sebuah kaki manusia. Saya memencet tombol klakson berharap orang itu memundurkan motornya. Namun yang terjadi, Bukannya merasa bersalah, Bapak-bapak gembul berkumis ini malah memelototi saya. Rasanya emosi saya hampir memuncak. Dalam hati rasanya ingin menendang sepeda motornya. Tapi aku berfikir kembali, bisa berabe urusannya kalo bertengkar di jalan macet seperti ini. Saya memutuskan meninggalkan orang tersebut.

Dengan hati yang masih “nggerundel”, terdengar dari headset, seorang penyiar radio shams 93,8 FM membacakan sebuah hadits.

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukin, semua urusan baik baginya dan kebaikan ini tidak dimiliki oleh selain seorang mukmin. Apabila mendapat kesenangan ia bersyukur dan itulah yang terbaik untuknya. Dan apabila mendapat musibah ia bersabar dan itulah yang terbaik untuknya.” {HR. Imam Muslim]”

Alhamdulillah, Kenggrundelan ku berkurang, rasanya ALLAH SWT sedang menghiburku lewat perantaraan penyiar tadi. Sungguh hadis barusan menohok saya. “Apabila seorang mukmin menderita musibah, maka kesabaran itulah yang terbaik.” Aku pun beristighfar sebanyak-banyaknya. Saya berharap dengan rasa sakit tersebut, ALLAH SWT menggugurkan dosa-dosa saya yang telah lalu. Alhamdulillah, adikku sampai di sekolahnya dengan selamat. Setelah tanganku dicium olehnya, aku pun melanjutkan perjalanan.

Jalanan Polisi Istimewa lebih macet lagi. Perempatan darmo yang terkenal macet. Apalagi dengan lampu merah yang lama. Bahkan hitung mundurnya saja sering berhenti lama di angka 99, lalu setelah beberapa lama, baru angkanya berkurang satu persatu. Merayapi kembali ruas jalan tersebut, aku berada di posisi tengah ruas jalan. Di tepi ruas ada sebuah becak yang dikendarai oleh orang tua mencoba menerobos di antara kemacetan.

Sebuah Bogem mentah melayang ke abang becak tersebut. Rupanya pengendara Vario di sebelahku, kaki kirinya terlindas oleh roda becak tersebut. Sebuah Bogem Bertubi-tubi di layangkan kembali ke seonggok tubuh renta tersebut.

“MasyaALLAH!. Dimana hati nuranimu anak muda!., Tega sekali kau hantam tubuh renta yang lemah itu dengan tangan kekarmu!. ”, dalam hati aku ingin berteriak kepada pemuda itu. .

TEG!!. Allah menegurku lagi!. . ini teguran dari ALLAH SWT. . Aku beristighfar lagi. . Seandainya aku melakukan hal yang bodoh tadi pagi. Menendang motor bapak yang tidak sengaja melindasku, lalu apa bedanya dengan anak muda yang bodoh ini!?

Alhamdulillah, Alhamdulillah. Rupanya ALLAH SWT masih menyayangi kita dengan memberi peringatan lewat peristiwa-peristiwa yang kita lalui.

——————————————————————————————————

Mengutip dari lembar jumat terbitan Ikadi yang ditulis oleh Ustadz Attabiq Luthfi, MA. Dalam Quran Surat Al Maarij ayat 5, Allah berfirman kepada Nabi Muhammad SAW, “ Maka bersabarlah kamu (Muhammad) dengan sabar yang baik.”

Tentu seperti kaidah dalam ilmu tafsir “Amrun Lir Rasul Amrun li Ummatih” Artinya, Perintah yang ditujukan kepada Rasul secara prioritas, juga di tujukan bagi ummatnya.

Perintah sabar juga di sertai dengan perintah menjauh dan menghindarkan diri dari mereka dengan cara yang baik. Allah Berfirman dalam Surat Al Muzzamil ayat 10, “Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik.”

Asy Syaukani memahami perintah bersabar yang di dampingi dengan perintah menjauhkan diri dari mereka dengan cara yang baik dalam ayat ini sebagai sebuah sikap yang tidak disertai dengan hinaan atau umpatan terhadap perbuatan buruk mereka. Atau memperdulikan apa yang mereka perbuat, begitu juga tidak berusaha membalasnya meskipun kita memiliki kemampuan untuk itu.

————————————————————————————-

Berbicara soal kesabaran, sangat banyak Ayat Al Quran dan hadis rasul yang menerangkan kekuatan kesabaran

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. Al Imron 200

Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti (Al Anfaal:65)

Al Imam Ahmad meriwayatkan hadits dari Anas Al Juba’i , bahwa Rasulullah Saw bersabda : “Barangsiapa yang mampu menahan marahnya padahal dia mampu menyalurkannya, maka Allah menyeru pada hari kiamat dari atas khalayak makhluk sampai disuruh memilih bidadari mana yang mereka mau.” (HR. Ahmad dengan sanad hasan)

“Dari Abu Hurairah ra, bahwa seseorang berkata kepada Nabi Saw : berwasiatlah kepadaku. Beliau bersabda : “jangan menjadi seorang pemarah”. Kemudian diulang-ulang beberapa kali. Dan beliau bersabda : “janganlah menjadi orang pemarah” (HR. Bukhari) .

Dari Ibnu Mas’ud ra Rasulullah Saw bersabda : “Siapa yang dikatakan paling kuat diantara kalian? Sahabat menjawab : yaitu diantara kami yang paling kuat gulatnya. Beliau bersabda : “Bukan begitu, tetapi dia adalah yang paling kuat mengendalikan nafsunya ketika marah.” (HR. Muslim)

Wallahu musta’an

Faishal Anshary

24-11-2011

4:45am

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s