Uncategorized

Mbolang di Thailand (Bagian 1)

Sudah lama tidak menulis, semoga bahasa saya belum kaku. Saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya di negeri Thailand. Sebelumnya perkenalkan, nama saya Faishal, teman2 thai-ku memanggilku “Faisau” karena mereka tidak bisa berucap kata yang berakhiran -el. Teman-temanku orang nepal lain lagi. Mereka memanggil saya  dengan panggilan Faizel.. Keluarga ku, mahasiswa Indonesia lain lagi, mereka ada yang manggil nama saya Icol, Ical, dkk. Anyway,,. Saya masih bersyukur masih dipanggil dengan nama yang mirip-mirip. Lain lagi ceritanya dengan teman saya yang bernama Khoirul (yang akan di ceritakan pula dalam cerita kali ini), seorang bule prancis memanggil namanya dengan “Idung” -_-” (pliss)

Alhamdulillah,, akhirnya perkuliahan semester ini berakhir dengan berakhirnya Final Exam terakhirku selasa lalu.. Ibarat orang puasa, hari rabu lalu saya buka puasa dari puasa jalan2.  disaat temen-temen lain jalan-jalan semasa perkuliahan berlangsung, saya males ikutan. Diakhir kegalauan saya selepas UAS, akhirnya dilampiaskan dengan mbolang di Thailand.. Hari rabu lalu, Saya jalan-jalan bertiga. saya akan kenalkan satu persatu profil mereka. Partner mbolang saya adalah Irul. Do’i teman sehati, dari mulai jaman Mahasiswa Baru di S1 ITS ampe sekarang ketemu ni anak melulu. Soalnya NIP kami selalu berurutan. di sinipun dia jadi roommate saya.. Partner mbolang saya dan yang jadi pemimpin perjalanan mbolang saya adalah Pak Tezar. Beliau mahasiswa yang udah kelar Master di jurusan Food engineering, yang udah punya banyak pengalaman jalan-jalan di negeri gajah putih ini. Oke lah basa-basinya cukup sekian.. Saya bakal cerita satu persatu pengalaman saya:

Pak Te dan Irul
Pak Tezar dan Irul

1. Ulang Tahun Raja

Hari itu tanggal 5 Desember, bertepatan dengan hari ulang tahun Raja Thailand.. Berita baiknya, hari itu libur. Rencana awal adalah menuju Grand Palace. Tapi pak Tezar mengajak kami ke istana kerajaan untuk melihat kerumunan masyarakat Thailand yang menyambut Rajanya yang sedang ulang tahun.. saya berangkat dengan van, (kalo di surabaya namanya bison, cuma bedanya ni Bison pake AC). Setelah turun di Terminal Victory monument kami oper naik bus menuju Istana. belum sampek istana, jalan udah macet, jalan-jalan utama pada tutup. Kondektur bus nyuruh kami turun dan jalan kaki kesana.. Okelah kami turun menuju kesana, jauh juga rupanya.. Sesampainya di perempatan, kami dikejutkan dengan lautan manusia yang meramaikan perempatan. orang-orang berbaju kuning berdesak-desakan membawa bendera. coba liat ini

Lautan orang Thai
Lautan orang Thai

Selain itu, iring-iringan Raja di sambut dengan adanya pager Bagus dari anak-anak Thai mulai dari yang imut-imut sampe amit-amit.. mereka rela berjajar rapi sepanjang jalan demi menyambut sang Raja

Yang tengah itu pak Tezar
Yang tengah itu pak Tezar

Demi melihat sang raja, masyarakat Thai rela berdesak-desakan, bahkan kabarnya ada yang sudah menunggu sejak malam harinya duduk di shaf terdepan untuk dapat melihat Sang Raja melambaikan tangan di atas balkon. Saya liat pemandangan ini jadi inget sholat ied,. sama bro!. ini dia tempat balkonnya:

Palace yang ada Balkonnya
Palace yang ada Balkonnya

Sewaktu saya enak-enak asik dengan Galaxy Tab saya, tiba-tiba ada ibi-ibu yang nyapa saya dan bicara dalam bahasa Thai. dengan santai saya cuma bilang kalimat sakti saya: “Phu Thai Mei dai” artinya: “gw kagak bisa bahasa Thailand”. Abis itu dia kebingungan dan merasa bersalah. maklum lah muka orang Indonesia mirip banget sama wajah orang Thai. “Can you speak english, Can I Help you?” tanyaku. lalu dia tanya sambil menunjuk gadget saya, apakah saya punya foto Raja di Galaxy Tab saya. Saya bilang, “Wah I dont have.” lalu dia bilang, “I have two”. Dalam hati saya, sombong banget nih Ibu. Setelah saya cerita ke pak Tezar, saya baru sadar ternyata tuh ibu-ibu pengen sharing foto Raja ke gadget saya.. wah baik banget buk 🙂

Anyway, Acara tersebut sungguh sangat meriah. Gimana ga meriah, jalan utama ditutup, saya kudu rela jalan kaki untuk menuju ke tempat Mbolang berikutnya (Grand Palace) tapi karena jalanan macet, akhirnya ga ada satupun kendaraan lewat. Di lokasi  acarapun banyak tenda, ada tenda makanan dan minuman yang dibagikan secara gratis, ada tenda pengobatan, ada tisu basah gratis juga.

2. Ayam Goreng rasa lemper

Ceritanya paginya saya sarapan sereal dan Irul belum sarapan, pak Tezar sarapan dulu sebelum berangkat. padahal jarak dari lokasi tersebut ke lokasi berikutnya kita kudu jalan sepanjang 5km. Google maps bilang tepatnya 4.2 km.. Dengan bersepatu dan pake baju Hem si Irul terlihat lemes dan hampir pingsan. (Lagian cobak, dia mau jalan-jalan malah pake Hem dan sepatu. Giliran kuliah dia pake sendal dan kaos. kebalik atuh bro!..) Kami berjalan mencari makanan halal sepanjang jalan.. Ada juga Mc’D di seberang jalan. Tapi Mc’D disini ga ada label halalnya, lagipula ada menu burger babi pula… kami susuri satu persatu emperan, belum ada terlihat makanan halal.. Keringat dan peluh membasahi kami (Lebay bro!) dan di tengah perjalanan kami nemu semacam hall. Di dalam Hall tersebut ada pameran dan penjelasan tentang perkembangan, sejarah, sistem perairan negara Thailand dan lain-lain. Akhirnya kami memutuskan untuk ngadem dulu

Hall
Hall

Okelah.. Setelah muter tanpa ngedengerin tour guide njelasin, karena emang niat cuman ngadem, kita capcus keluar. kami menyusuri jalan lagi dan Voila!.. ada Ibu-ibu pake Jilbab nongkrong di warung.. wahh mata kami berbinar2.. Alhamdulillah, akhirnya nemu penjual ayam goreng halal disini..  Ayam Goreng disini di jual bersama ketan. Jadi jangan salah, yang di maksud nasi sebenarnya adalah ketan. jadi makan ayam goreng serasa makan lemper daah..

Warung halal
Warung halal

Sekian dulu untuk malam ini, InsyaALLAH saya akan cerita lagi.. di berikutnya dengan  4 sub bab lagi 🙂

Thailand 6-12-2012

Cerita berikutnya:

3. Ketemu Bule Prancis

4. Nyelonong Gratisan liat Budha Tidur

5. Beda bahasa beda harga

6. Sholat di Masjid Jawa

Advertisements

2 thoughts on “Mbolang di Thailand (Bagian 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s