Uncategorized

Bule Berhijab

Kali ini gw mau cerita tentang apa yang terjadi kemaren di kampus gw. Ceritanya kemaren Muslim Student Association (MSA) di kampus gw punya gawe. Do’I ngadain pengajian terbuka dalam rangka tahun  baru Hijriah / Muharram. Peserta yang dateng di acara tersebut berasal dari macem-macem Negara men. Mulai dari Negara yang mayoritas muslim, ampe negara yang minoritas muslim. Coba gw absenin mereka atu2 yah. Ada temen gw yang hadir dari Negara mayoritas muslim macem Afghanistan, Pakistan, Bangladesh, dan Indonesia pastinya. Dan yang minoritas muslim seperti Myanmar, Ethiopia, China, India. Oh ya, yang dateng juga bukan yang Muslim doank men. Yang non-muslim juga lumayan yang dateng dan nyampaikan pendapat di sesi diskusi.

Materinya beraaat banget men. Judulnya aja “Understanding the Creation”. Untunglah gw ga parno duluan pas tau judulnya lebih berat daripada judul thesis gw. Haha. Karena gw dimintain tolong jadi tim dokumentasi, yaudahlah gw akhirnya dateng dengan ikhlas.

Pengisinya seorang syeikh asal Malaysia keturunan Chinese. Meskipun doi ngisi ceramah pake bahasa Inggrisnya yang keren banget, doi masih bisa bahasa melayu loh men. Kalah gw men. Haha. Namanya Syeikh Husein Yee. Coba Tanya lebih lanjut ama mbah gugel deh men. Soalnya doi terkenal di beberapa Negara di Asia. Tapi anehnya, di Indonesia nggak tuh.

Wooiii mana cerita bulenya?? Dah ga sabar nih…

Nah karena gw adalah manusia tipe visual, ceritanya gue duduk di kursi depan, tepatnya di pinggir tengah biar bisa dengerin dengan manteb materinya dan bisa ngeliat pembicaranya dengan jelas. Pas detik-detik sebelum sesi Tanya jawab, ada seorang bule cowok ngucap salam dan permisi mau lewat. Gw jawab salam dulu terus gw minggir kasih space supaya do’I bisa lewat. Awalnya gw ga percaya liat bule cowok muslim. Jarang-jarang sih. Ternyata, Jeng jeng jeng jeng. Do’I nggandeng istrinya di belakang. Sosok yang berhijab syar’I. Mirip banget sama hijab syar’I (bukan hijab cepol lo yah) yang biasa dipake orang-orang Indonesia men. Mirip yang dipake Oki Setiana Dewi lah. Dan gw pas itu lebih ga percaya lagi atas apa yang gw liat.

Pikiran gw melayang ke 1 semester yang lalu. Gw punya temen baik, namanya Margo. Dia bule perancis yang memutuskan untuk masuk Islam. Dia sengaja dateng ke Bangkok buat belajar Islam. Alhamdulillahnya, gw ngeliat sendiri proses berislamnya. Nama do’ipun di hijrah jadi Maryam. Untuk masalah berhijab, gw doain dia bakal berhijab sebentar lagi. Sekarang dia lagi kerja di Paris. Kabarnya sebentar lagi do’I juga bakal nikah. Dia janji bakal ngundang gw ke perancis pas nikahannya. Awas lo lupa!

Setelah sesi berakhir, gw kenalan sama suaminya (bukan sama istrinya loh ya). Do’I bilang kalo do’I asalnya dari Australia, tepatnya di kota Melbourne. Wah gw jadi pengen pergi kesana men. Haha. Sebenernya gw pengen nampilin foto dia disini, tapi demi alasan privasi, gw ga tega karena belom dapet ijin sama yang punya muka. Silahkan dibayangin sendiri aja men. Si cowok bule muslim ini cakepnya macem Tom Cruise dengan rambut panjang mirip pas dia main di film Last Samurai. Dan cewek bule muslimah mirip Hermione di Harry Potter tapi pake jilbab. Barakallah. Serasi emang! (gagalfokus)

Moga memotivasi ^_^

Bangkok, 19 November 2013

Leave a Reply

