Uncategorized

Maha Perencana Kehidupan

images

Ceritanya, kira-kira baru sepekan yang lalu. Sejak kepulangan saya di tanah air, akhirnya saya sukses jalan-jalan ke luar kota surabaya.

Lumajang, kota kecil yang terkenal dengan pisang Agungnya ini yang menjadi tempat jalan-jalan (dalam rangka dinas) saya. Pendirian radio station baru lah yang membuat saya harus meninggalkan kota surabaya.

Pagi itu, saya dan teman-teman kantor pergi untuk membeli jajanan Tiwul di pasar di kota Lumajang. Di sebelah penjual Tiwul tersebut, ada sebuah lapak yang di dominiasi susunan sandal jepit yang dijajakan. Saat itu saya berpikir keras, siapakah yang akan membeli sandal jepit di pasar? bahkan sempat terpikir bahwa tidak akan ada orang yang akan membeli sandal jepit di pasar.

Baru beberapa saat setelah berpikir seperti itu, saya teringat bahwa selama di Lumajang, saya kelupaan membawa sandal dari rumah. Akibatnya, saya kesulitan untuk berwudhu, mandi dan pergi santai. Bahkan di pasar saat itu pun saya menggunakan sepatu kerja (hehe).

Saya mengeluarkan uang 15.000 rupiah dan membeli sandal jepit berwarna coklat dan terkesan mahal. dan saya baru sadar, bahwa saya lah yang ternyata membeli dagangan penjual sandal jepit. padahal saya kira, tidak akan ada yang membeli barang dagangannya.

Mungkin itulah jalan ceritanya, kalau bukan Allah yang menggerakan saya mulai dari pergi ke pasar untuk membeli jajanan Tiwul, kelupaan bawa sandal dari rumah, pergi ke Lumajang dan bahkan diterima kerja untuk ditugaskan sementara di Lumajang? Lalu siapa lagi kalo bukan yang maha perencana kehidupan?

Jika rezeki penjual sandal jepit saja sudah ditentukan oleh Allah, maka kenapa kita harus takut tidak mendapat rejeki dan jodoh? jika kita yakin bahwa rezeki dan jodoh sudah ditentukan, galau itu sepertinya tidak lagi ada di kamus kita.

6 thoughts on “Maha Perencana Kehidupan

Leave a Reply

