Uncategorized

Ngisi Workshop Desain Slide Terganas

Workshop regular class day one

Izinkan saya cerita (kalo nggak diizinkan juga saya tetap cerita kok) tentang pengalaman berada dalam kelas berisi orang ganas di workshop Regular Class Design Slide Presentation #Day-One, Ahad, 4 mei 2014 lalu. Bertempat di kafe eskrimo di pujang jajar dekat Menur, Saya dan teman saya Meida Prastiwi, atau yang lebih akrab di sapa “Mei”, merasa bersyukur pada ALLAH SWT karena bisa sampai ditempat dengan selamat dan nggak nyasar ke RSJ menur yang tidak seberapa jauh dari lokasi workshop.

Di pembukaan saya sempat membuka dengan salam hangat, yel-yel dan sesi saling berkenalan antar peserta. Setelahnya ada games yang diisi oleh rekan saya mbak Mei. Games yang terinspirasi dari salah satu games reality show korea (baca: running man) ini membuat salah satu peserta terpaksa dihukum. Saya menyadari bahwa yang mengisi workshop (saya maksudnya) tidak lebih keren dari pesertanya. Dari enam peserta yang hadir, enam peserta yang keren diantaranya:

Mas Andika, pelajar kelas 3 SMA yang diam-diam dia hobi bereksperimen. Baru saja diajari satu teknik desain slide, dia bisa ngembangin sampe 100 langkah kedepan. Saya menduga dia adalah orang dengan kemampuan otak kanan yang cemerlang. Tapi kalo di jalan jangan sampe pake lajur kanan ya mas, ntar nabrak. hehe.

Berikutnya ada Mas Nurudin, doi kuliah Hukum Keluarga islam UIN sunan ampel. Urusan undang-undang perkawinan udah ngelontok. Sepertinya cita-citanya dia sangat luhur. Yaitu jadi pegawai KUA yang ga mau bikin orang lain repot buat nikah. (terharu saya :’) Anyway, doi sudah hafal quran 30 juz.. wah ngeri dan bikin ngirii bro!..

Ada juga Pak Deny yang kerja di pabrik farmasi. Dia nggetu ikut workshop ini karena ternyata kesehariannya dia sering dihadapkan dengan presentasi hasil penjualan produk obat-obatannya. Setelah saya berkonsultasi dengan beliau, saya mendapatkan satu kesimpulan. Ternyata obat anti jomblo belum ditemukan sodara-sodara.. haha. Selain itu, buktinya pak Deny juga masih jomblo ternyata. Haha, peace pak.

Mas Sakti Ananta, Mahasiswa Unair jurusan Manajemen. Dia adalah personel tim Nasyid Ivo (Iptek Voice). For your information, Grup nasyid ini saya sempat memprakarsai di awal. Dulu sempat merasakan jatuh bangunnya. Kalah lomba, kalah lomba, ngisi penganten sedangkan yang nyanyi juga pada belom ada yang jadi manten. Hiks2. Namun seiring dengan kesibukan, saya bertekad menggantungkan pita suara (ga bisa ngomong donk). Mas sakti cerita bahwa saat ini Ivo sedang menggarap album dan masuk dapur rekaman. Jadilah acara itu menjadi ajang reuni saya dengan tim nasyid Ivo generasi penerus. (mengharukan)..

Berikutnya ada Pak Adji yang bekerja di BTPN (maaf pak saya salah dengar, saya kira pabrik gula PTPN itu. hehe) dan punya hobi fotografi yang sama dengan saya. Beliau hadir didampingi dengan istrinya, bu Luthfia. Mereka berdua pasangan keluarga islami, sakinah mawaddah warahmah yang dikaruniai 3 anak perempuan. Salah satunya adalah Farah Nadia yang merupakan associate trainer kami juga. Beruntungnya, saat itu Farah juga dateng di tempat. Alhasil, mbak Farah menjadi bahan rebutan peserta di TKP. Untungnya bu Luthfia mengaudisi peserta yang mencalonkan dirinya dengan pertanyaan jitu yaitu, “hafalannya sudah berapa juz mas?.” Hehe. Mungkin mas Nurrudin salah satu kandidat terkuatnya. Saya dukung anda mas.!!

Hari pertama workshop materi mengenai optimasi Image. Sesi seminar di isi oleh mbak Mei yang menjelaskan dari A sampe Z tentang mindset presentasi. Mulai dari kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan dalam mendesain slide, sampai tips-tips jitu mengoptimasi gambar. Mbak Mei ini jago amit bikin slide. Semua buku-buku master slide, mulai karangan Guy Kawasaki, Garr Reynold, Nancy Duarte sudah ludes habis dimakan sama kover-kovernya. Jam terbangnya inilah yang bikin desain slidenya ciamik pol-polan.

Dan berikutnya, sesi workshop yang diisi oleeeh, saya. Saya menjelaskan beberapa teknik dan praktek optimasi gambar diantaranya, teknik optimasi gradasi shape, teknik focusing dan kaidah rule of third. Ada perasaan cukup puas saat di materi konsep rule of third, saya yang hobi fotografi bisa menjelaskan kaidah rule of third dan menunjukkan efeknya dari hasil jepretan yang saya bidik sendiri. Diantaranya adalah obyek bunga melati yang saya bidik di kebun selekta. Selain itu juga saya tunjukkan beberapa contoh yang memenuhi kaidah rule of third dan yang tidak. Beberapa peserta merasakan bahwa selama ini sering foto seperti posisi pas foto alias ditengah. Bahasa kerennya, Dead Center. Salah satu peserta mengusulkan ke mas Nurrudin supaya di buku nikah nanti fotonya bisa memenuhi kaidah rule of third. Wah ide brilian ini!

horizontal
Landscape RoT
vertical
Potrait RoT

Saya tak lupa mengucapkan terimakasih banyak buat pihak-pihak yang membantu dari balik layar. Workshop tersebut tidak akan berjalan lancar sebagaimana mestinya apabila tidak ada dukungan dari: Allah SWT, yang mengizinkan kami mendelivery materi workshopnya, coba kalo ndak diizinkan, bisa aja di jalan saya ketabrak becak dan ndak jadi ngisi. Berikutnya Pak Dhony selaku master trainer. Mbak Benny, sebagai manajer kami yang sabar menghadapi kenakalan anak-anak associate trainernya. Hehe. Lalu pak Aldo, yang keren dan ngasi masukan banyak terkait teknik delivery yang baik buat kami. Ada juga mbak Masyrifah yang bela-belain ngorbanin rumahnya dijadiin tempat latihan kami. Padahal doi pas itu mau UTS. Doain hasilnya dapet terbaik. Amiin. Berikutnya ada mbak Vanda yang dengan ikhlas minjemin LCD proyektor dan njamu saya dengan kopi hangat pas hujan-hujan. Kok baik banget sih mbak? Haha.

Prof
ini sayaa

Oke, sekian pengalaman saya ngisi workshop regular class. Salam Amazing!!

Leave a Reply

